Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi 2023

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi
Caracyber.com - Bagi anda yang sedang mencari cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi, di artikel ini kami sudah menyediakan ulasannya untuk anda.

Mungkin saat ini anda lagi mencari cara untuk mengembalikan chat Whatsapp, eits tenang kami akan menjelaskannya buat anda.

Apa lagi di zaman seperti sekarang ini, WhatsApp sendiri termasuk aplikasi yang begitu populer yang banyak dipergunakan untuk memudahkan semua orang didalam melakukan komunikasi.

Dikarenakan aplikasi tersebut sangatlah berguna, didalam bertukar pesan dan juga media bahkan anda akan stres dan merasa frustasi jika chat WhatsAppnya tiba-tiba terhapus.

Eits, tenag saja kami akan menjelaskan cara didalam mengembalikan semua chat WhatsApp yang terhapus secara permanen tanpa aplikasi.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi

Daripada anda bingung dan penasaran dengan cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi sebaiknya ikuti ulasan sebagai berikut.

1. Tanpa Backup

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi
Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi dan Tanpa Melakukan Backup
Untuk bisa mengembalikan chat WhatsApp yang hilang tanpa cadangan di iPhone dan juga Android, anda bisa melakukannya lewat penyimpanan data aplikasi lokal.

Bahkan cara ini bisa anda gunakan, didalam memulihkan atau mengembalikan chat WhatsApp yang ada di ponsel lama ke ponsel baru.

Dalam hal ini, tinggal anda pindahkan semua file ke ponsel barunya hanya dengan memakai komputer, kartu SD atau file explorer.

Jika data yang anda miliki tidak tersimpan pada folder /sd/WhatsApp/, silahkan anda cek pada folder "Penyimpanan utama" atau bisa juga "Penyimpanan internal".

Apalagi pada dasarnya ponselnya akan menyimpan file backup lokal yang dibuat didalam kurun waktu 7 hari terakhir, ditambah Google Drive sendiri hanya akan menyimpan file backup terbaru.

Berikut cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi dan tanpa melakukan backup:
  • Pertama-tama, silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini Aplikasi File Manager versi Android dan Aplikasi File Manager versi iPhone.
  • Setelah itu, anda buka sdcard/WhatsApp/Databases apa bila anda tidak menyimpan data pada kartu SD anda dapat membukannya pada memori internal.
  • Lalu anda ubah nama file yang hendak dipulihkan menjadi msgstore.db.crypt12 dari nama file yang awalnya yakni msgstore-TTTT-BB-DD.1db.crypt12.
  • Dikarenakan file yang hendak dipulihkan termasuk chat lama, hal ini sangatlah memungkinkan untuk riwayat chat terdapat di protokol lama berupa crypt9 atau crypt10 namun anda jangan mengganti nomor ekstensi crypt.
  • Tinggal anda hapus aplikasi WhatsApp, lalu lakukan penginstallan ulang dan pilih opsi Restore jika diminta oleh sistem.

2. Melalui Aplikasi

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi
Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi Lewat Aplikasi
Bukan hanya cara diatas saja, namun anda juga bisa menggunakan cara restore chat WhatsApp manual lewat aplikasi Google Drive.

Bahkan cara ini sering digunakan didalam mengantisipasi, jika ponselnya mengalami kerusakan atau mengganti ponsel dengan yang baru.

Terlebih lagi anda harus kembali menginstall ulang aplikasi WhatsApp, apa lagi Google Drive sendiri merupakan aplikasi yang cukup ampuh didalam mengembalikan chat terhapus.

Berikut cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen dengan restore chat WhatsApp secara manual:
  • Pertama-tama anda buka aplikasi WhatsApp yang anda unduh sebelumnya, lalu pilih Agree and Continue.
  • Setelah itu masukkan nomor telepon yang masih digunakan, hanya untuk melakukan verifikasi akun WA-nya.
  • Tinggal klik Next, kemudian pilih opsi OK.
  • Tahap terakhir, cukup klik Continue > Restore > Masukkan nama-nya selanjutnya anda klik Next.
Dalam hal ini, untuk mengantisipasi supaya chat WA tidak hilang secara permanen tinggal anda backup dengan mengaktifkan fitur backup yang terdapat pada aplikasi WhatsApp agar aman.

Cukup anda atur waktu backup dengan pilihan harian, mingguan atau bulanan pasalnya backup ke Google Drive termasuk cara terbaik dalam mencadangkan riwayat dan mengembalikan chat terhapus.

Seperti dilansir dari situs 1001teknologi.com, hanya dengan melakukan backup, maka anda tidak perlu cemas lagi pada saat mengganti ponsel apapun itu dikarenakan media aplikasi WhatsApp akan selalu mengikuti.

Berikut cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi lewat aplikasi Google Drive:
  • Terlebih dahulu, anda buka aplikasi WhatsApp.
  • Tinggal pilih opsi ikon menu yang terdapat pada kanan atas layar dengan menampilkan titik tiga vertikal.
  • Lalu anda pilih Settings, setelah itu pilih Chats.
  • Kemudian anda pilih, lalu klik pilihan chat Backup dan klik Back Up to Google Drive.
  • Maka anda tinggal memilih durasi waktu yang anda mau yakni daily (harian), weekly (mingguan) atau monthly (bulanan).
  • Selanjutnya anda pilih Google Account yang anda mau untuk lokasi penyimpanan backup chat WA, lalu anda pilih opsi Allow.
  • Tahap terakhir, pilih backup dan klik untuk bisa memulai mencadangkan chat WhatsApp bahkan anda juga dapat memilih Include Videos jika anda mau backup video.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, tentu saja informasi sangat penting untuk anda yang mengalami masalah chat WA terhapus.

Bahkan kami telah menyiapkan dua cara untuk anda gunakan, didalam mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus secara permanen tanpa aplikasi dan aplikasi.

Maka dari itu, anda tidak perlu was-was kehilangan chat WhatsApp apa bila anda sering mengganti Handphone anda dan ini salah satu solusinya.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengembalikan chat WA yang terhapus permanen tanpa aplikasi. Sekian dan selamat mencoba.
Adi Arriansyah Jurnalis Teknologi. Berbagi pandangan dalam bidang teknologi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen Tanpa Aplikasi 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel